Sejarah

SEJARAH SINGKAT SMK NEGERI 1 DUKUHTURI


1.      Pembentukan panitia SMEA Negeri Tegal pada tanggal 15 September 1956 yang diketuai oleh Bapak Soewargo dengan diberi nama Panitia Perintis Pendiri SMEA Negeri Tegal.

2.      Instruksi dari Kementerian P dan K Jakarta agar pemerintah daerah menyediakan gedung, perlengkapan, dan perumahan guru sebagai persyaratan pendirian SMEA Negeri Tegal.

3.      Perubahan nama Panitia Perintis Pendirian SMEA Negeri Tegal menjadi Badan Kepanitiaan yang dibagi  menjadi 3 (tiga) Badan Kepanitiaan Pendirian SMEA Negeri Tegal yang bertugas menyusun program kerja secara lengkap.

4.      Menyerahkan gambar gedung pertemuan Tawang Samudra kepada IPPE di Jakarta oleh Ibu Umi Kulsum Haditomo selaku utusan Pemda Kotamadya Tegal.

5.      Diterimanya SKPT Menteri P dan K tanggal 22 September 1958 No. 2144/ B/ 3/ Kej. Tentang ujin pembukaan SMEA Negeri Tegal.

6.      Pendaftaran calon siswa SMEA Negeri Tegal untuk kelas 1 sebanyak 2 kelas oleh Bapak R. Soerjadi  Hardjokoesoemo, Kepala SMEP Negeri Tegal.

7.       Terbentuknya susunan organisasi SMEA Negeri Tegal dengan susunan sebagai berikut:

a.       Kepala Sekolah Bapak Soedarsono

b.      Guru-guru

1)        Bapak Soemiran dari SMEP Negeri Tegal

2)        Ibu Dokter Sarwono

3)        Bapak Slamet

4)        Bapak Koesnandar

5)        Ibu Sundariwati

c.       Kepala Tata Usaha Bapak Soewargo

d.      Pegawai Tata Usaha Sdr. Taryono, Soepratik, dan Kasturi.

8.      Peresmian pembukaan SMEA Negeri Tegal pada tanggal 156 September 1958 bertempat di gedung Tawang Samudra Tegal dengan jumlah murid sebanyak 58 siswa yang dibagi menjadi 2 (dua) kelas.

9.      Terbentuknya Panitia Pendirian Gedung SMEA Negeri Tegal oleh Bapak Walikota Tegal (Bapak R. Soepoetro Brotodiharjo) dengan ketua Bapak A. A. Jenie Dt. Lelo Basa.

10.  Penerimaan tanah hibah seluas 1.250 m2 berikut bangunan gedung milik Sdr. Moch. Taufik bin H. Atik, pengusaha pabrik rokok Ketos Royal.

11.  Pemindahan SMEA Negeri Tegal dari gedung Tawang Samudera ke gedung baru (hasil hibah dari BapakMoch. Taufik) yang berlokasi di Jalan Karanganyar Tegal pada tanggal 17 April 1959 yang selanjutnya diresmikan pembukaannya pada tanggal 27 Juni 1959 dihadiri oleh Bapak J. PAAT, kepala inspeksi Pusat Pendidikan Ekonomi (IPPE) yang mewakili KementerianP dan K.

12.  Selanjutnya perkembangan SMEA Negeri Tegal mengalami perubahan nama dan wilayah pemerintahan daerah sehingga akhirnya menjadi UPTD SMK Negeri 1 Dukuhturi

13.  Program keahlian yang ada masih tetap ada 5 program keahlian yaitu:

a.       Kompetensi keahlian Akuntansi

b.      Kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran

c.      kompetensi keahlian Pemasaran

D.      kompetensi Keahlian Teknik Komputer jaringan

E.      Kompetensi Keahlian Multimedia

14.  SMK Negeri 1 Dukuhturi selalu berupaya melengkapi sarana prasarana dan berbagai laboraturium yang dibutuhkan oleh ketiga program keahlian termasuk adanya Business Center dan kantin kejujuran.

15.  Menyikapi animo masyarakat yang begitu besar, maka sejak tahun pelajaran 2013/ 2014 SMK N 1 Dukuhturi membuka jurusan baru yaitu Teknik Komputer dan Jaringan sebanyak dua kelas.

16.  Sampai saat ini beberapa fasilitas serta sarana dan prasarana untuk menunjang proses pembelajaran di SMK N 1 Dukuhturi selalu ditambah antara lain adanya laboratorium IPA/ fisika dan laboratorium komputer untuk masing-masing jurusan, melengkapi laboratorium-laboratorium manual yang sebelumnya telah ada.

17.  Di tahun pelajaran 2014/ 2015 SMK N 1 Dukuhturi mulai merintis untuk bisa mejadi sekolah rujukan kurikulum 2013 sehingga pengembangan fasilitas pendidikan terus diupayakan.

18.  SMK N 1 Dukuhturi sampai sekarang telah meraih banyak prestasi di bidang akademik mapun nonakademik di tingkat kabupaten maupun karisidenan Pekalongan.

19.  Pada tahun pelajaran 2015/ 2016 mendatang SMK N 1 Dukuhturi membuka jurusan baru yaitu Multimedia sejumlah dua rombel.

20.  Saat ini SMK N 1 Dukuhturi terus melaksanakan pembangunan sarana-dan prasarana untuk menunjang seluruh proses belajar mengajar.


Demikian sekilas sejarah SMK Negeri 1 Dukuhturi yang saat ini telah berusia 57 tahun.