SMEKAR SABET DUA JUARA DALAM PEMILIHAN DUTA LINGKUNGAN 2016

Slawi (5/6) dua peserta didik SMK Negeri 1 Dukuhturi, berhasil menyabet gelar Juara III kategori puteri dan Juara Favorit kategori putera dalam lomba pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Tahun 2016.



Kondisi lingkungan hidup di Kabupaten Tegal yang memprihatinkan karena berbagai aktivitas masyarakat ini mendorong Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal mengadakan lomba pemilihan Duta Lingkunganm Hidup yang bekerjasama dengan prodi Pendidikan IPA Universitas Panca Sakti Tegal.



Lomba yang berlangsung dalam tiga tahap seleksi, yakni seleksi tulis tentang wawasan lingkungan hidup yang diadakan pada tanggal 29 Mei 2016 di Aula SMA Negeri 3 Slawi diikuti oleh 96 peserta dari seluruh SMA/ SMK Se Kabupaten Tegal. Dari 96 peserta ini kemudian diambil 15 peserta untuk masuk ke seleksi tahap II, dimana materi perlombaan tentang pembuatan makalah bertema issue lingkungan hidup dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2016 bertempat di BAPPEDA Kabupaten Tegal. 


Setelah lolos, kemudian 15 peserta tersebut mengikuti serta seleksi tahap III berupa Kampanye Go Green dengan mengenakan busana daur ulang dan membawa poster-poster bertema pelestarian lingkungan hidup pada 5 Juni 2016 bertempat di TRASA Slawi. Tahap final, dipilih 5 peserta dari kategori putera dan puteri untuk diberi pertanyaan tentang wawasan lingkungan hidup untuk dinobatkan menjadi juara I, II, dan III serta satu pasang dari masing-masing kategori tersebut untuk dinobatkan sebagai Juara Favorit.



Pembina lomba, Khamalida Fitriyaningsih menyatakan bahwa “SMK Negeri 1 Dukuhturi mengirimkan empat perwakilan dalam lomba Duta Lingkungan Hidup mbak, yakni Resty Lestari (X AP 1), Rahmat Hidayat (X TKJ 1), Ulfi Apriyani (XI AP 3), dan M. Zakki Mahatir (XI TKJ 1). Berkat usaha optimal dari masing-masing perwakilan, akhirnya Resty dinobatkan sebagai Juara III setelah mengalahkan lima saingannya, dan berhasil mendapat skor tertinggi ketiga setelah SMK Negeri 1 Bumijawa dan SMA Negeri 1 Slawi. Begitu pula Zakki yang berhasil mengalahkan sekolah lain dalam polling like facebook yang diadakan pada tanggal 1-5 Juni 2016 oleh BLH.”



“Alhamdulillah saya tidak menyangka akan menjadi juara di ajang Duta Lingkungan Hidup. Belum pernah ada gambaran sebelumnya bagi saya dalam perlombaan ini, karena saya kelas X dan juga saingan saya dari sekolah-sekolah yang bonafide di Kabupaten Tegal. Tadi saya ditanya tentang wawasan kehutanan dan alhamdulillah bisa menjawab dengan lancar.” Tutur Resty dengan suara tersengkal setelah namanya dipanggil menjadi juara III.



Zaki juga menyatakan bahwa pencapaiannya dalam lomba ini tidak diperoleh dari kerja kerasnya sendiri, tetapi ada dukungan dari keluarga, sekolah, dan teman-teman dekatnya. Menurutnya, untuk menjadi juara, resep terbaiknya adalah berlatih dengan sungguh-sungguh dan melakukan yang terbaik dalam perlombaan. (Ka Malidaf)